Senin, 27 Juni 2011

2.5G (GPRS) --- (1)

General Packet Radio Service (GPRS)
General Packet Radio Service (GPRS) merupakan teknologi komunikasi data berbasis packet switch yang dikembangkan pada jaringan GSM. GPRS menawarkan komunikasi data secara mobile, dimana pemakai dapat melakukan pengiriman dan penerimaan data setiap saat dengan cara yang lebih efektif dan efisien.
GPRS mendukung protokol komunikasi data terbesar di dunia yaitu Internet Protocol (IP). Pada kasus ini GPRS bertindak seolah-olah sebagai jaringan ekstension dari jaringan IP yang ada, sehingga berbagai aplikasi di atas jaringan tersebut tentu saja dapat diakses juga melalui GPRS.
GPRS menggunakan prinsip sistem pengiriman data packet switch dan dapat membawa protocol packet data dari end user beserta informasinya dari atau ke terminal sistem GPRS menuju terminal sistem GPRS lain atau ke jaringan paket data eksternal. Dan dalam sistem ini dilakukan juga teknik pemisahan antara sub-sistem radio dengan sub-sistem jaringan datanya, sehingga dengan demikian jaringan data dapat digunakan kembali oleh pelanggan lainnya.
Teknologi packet data sendiri adalah sistem pengiriman data dengan mengirimkan secara terpisah data-data yang dikirimkan. Jadi dengan sistem ini bila sistem sedang tidak mengirimkan data (idle) maka tidak ada kanal data yang diduduki secara terus-menerus seperti yang dilakukan pada sistem circuit switch. Oleh karena itu pelanggan hanya membayar durasi waktu dari pengiriman dan penerimaan datanya walaupun secara maya pelanggan dapat terhubung ke internet selama berjam-jam. Dan selama waktu idle tersebut kanal dapat digunakan juga oleh beberapa pelanggan lain yang menggunakan sistem yang sama.
Dengan sistem packet switch ini maka dapat ditingkatkan bit rate sistem sampai dengan 115 KBps bila diterapkan ke sistem GSM. Hal ini akan sangat meningkatkan performansi sistem GSM yang sampai sekarang hanya mendukung bit rate transfer data 9,6 s/d 14,4 Kbps yang mendukung sistem SMS saja. Dengan kecepatan akses ini pelanggan dapat secara langsung dan cepat mengakses langsung jaringan internet tanpa harus menghubungi Internet Service Provider (ISP). 

Konfigurasi Sistem GPRS

Konfigurasi sistem GPRS merupakan gabungan antara sistem GSM yang telah ada dan telah di-upgrade baik secara software maupun hardware dengan jaringan GPRS sendiri. Jaringan GPRS terdiri dari :

Ø      Gateway GPRS Support Node (GGSN) yaitu antarmuka yang menghubungkan antara BSS dan berbagai macam jaringan packet switch. Jadi GGSN yang memiliki link ke jaringan lain seperti internet sehingga berperan seperti sebuah router

Ø      Serving GPRS Support Node (SGSN) yaitu node di dalam infrastruktur GSM yang mengirim dan menerima data dari terminal mobile station (MS). GPRS dapat menggunakan beberapa serving node SGSN tetapi hanya membutuhkan satu node gateway GGSN sebagai interface ke jaringan eksternal

Ø      Packet Control Unit (PCU) yaitu unit yang bertanggung jawab atas semua fungsi GPRS Radio Protokol dan komunikasi dengan SGSN. Biasanya PCU terdapat dalam sebuah Base Station Controller (BSC)
Arsitektur GPRS

Pada sistem GPRS, terminal mobile station user berupa GPRS phone akan melakukan komunikasi ke base station GSM. Kemudian data-data yang dikirimkan oleh user akan diteruskan oleh base station ke SGSN melalui BSC/PCU, tidak seperti pada komunikasi voice circuit switch dimana akan diteruskan oleh base station ke MSC melalui BSC. SGSN selanjutnya akan melakukan komunikasi dengan GGSN yang merupakan interface ke jaringan eksternal. Sebelum ditransmisikan melalui jaringan eksternal, data akan dipecah menjadi paket-paket terlebih dahulu.

Sebaliknya paket IP yang ditujukan ke mobile station user akan diterima oleh GGSN dan diteruskan ke SGSN untuk ditransmisikan ke mobile station. Paket ini akan mengalami enkapsulasi di SGSN dan GGSN dengan menggunakan protokol GPRS yang disebut GPRS Tunneling Protocol (GTP).

Selain berfungsi dalam transmisi paket data, SGSN juga berfungsi mengikuti jejak terminal mobile station user di dalam service areanya. SGSN akan melakukan asosiasi dengan MSC/VLR dan HLR untuk kepentingan tersebut.

 To Be Continued ke 2.5G  (GPRS) --- (1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar